Langsung ke konten utama

Tutorial ARToolkit Part 2: Testing Simplevrml.exe dan Membuat Marker


 




Assalamualaikum Wr.Wb

Setelah Sebelumnya kita Belajar Simpletest.exe di Tutorial  maka kali ini kita akan mencoba melakukan testing di simplevrml.exe dan juga kita akan belajar membuat marker dengan Adobe Photoshop dan mkpatt.exe .. selamat mengikuti tutorialnya.

1. Tutorial Testing Simplevrml.exe
  • Buka folder ://ARToolkit/Bin kemudian jalankan simpleVRML.exe
  • Arahkan Marker Hiro dan Kanji ke Kamera, apakah hasilnya?
2. Membuat Marker dengan Photoshop
Pada Sub-Tutorial kedua ini kita akan belajar membuat Marker dengan Adobe Photoshop. secara khusus saya membuatnya dengan Adobe Photoshop 8. jika anda menggunakan Adobe Photoshop versi dibawahnya atau diatasnya, silahkan saja. karena tehniknya sama saja. 
  • Buka Adobe Photoshop anda
  • Klik File > New  .. Kemudian atur Ukuran Layer 679x693
Gambar1. Layer
  •  Arahkan Mouse ke Pojok Kiri Bawah, maka anda akan melihat menu Layer. ketemu?
  • Jika ketemu menu layer, klik kanan layer background kemudian pilih duplicate.
Gambar 2. Duplicate Layer


  • Ganti nama layer duplicate dengan nama marker 
Gambar 3. Duplicate Layer Menu



  • Sekarang, di layer marker kita akan membuat Bingkai Hitam Marker. Klik kanan layer marker, lalu pilih blending options.  
Gambar 4. Blending Options
  • Checklist Stroke > Beri Warna Hitam > Pilih Posisi Inside > Beri Ketebalan Size sebesar 109Px  > Klik Ok > Selesai
Gambar 5. Stroke Properties
  • Jika anda berhasil maka, anda akan mendapatkan bentuk seperti ini:
Gambar 6. Contoh Marker
  • Sekarang kita tinggal menambahkan polanya. klik menu pen tool

Gambar 7. Pen Tool

  • Selanjutnya Kita klik tombol Shape
Gambar 8. Shape Tool

  •  sekarang, klik tombol Costum Shape Tool, dan pilih Pola yang Kamu Sukai
Gambar 9. Costum Shape Tool
  • jangan lupa di ganti warnanya menjadi Hitam, kemudian Gambar di Layer Marker
Gambar 10. Pola Marker
  •  Sebelum marker dicetak, simpan dulu marker dalam format JPG atau PNG. silahkan klik File > Save > kemudian pilih format gambar, misal PNG
Gambar 11. Save As
  • Supaya mudah mencetak markernya, silahkan insert gambar di microsoft word, lalu sedikit kecilkan seperti marker ukuran biasa. 
Gambar 12. Word

  •  Sekarang Cetak Marker Via Printer Anda. 

2. Mengimport Marker ke Mkpatt.exe
Saya berasumsi, marker yang anda buat sebelumnya sudah dicetak di printer. sekarang saatnya kita import ke ARToolkit agar dapat dibaca dan dikenali sebagai marker AR. tapi sebelumnya kita bahas dulu, apa itu marker dan kenapa kita perlu marker di AR?

Secara ilmiah saya tidak dapat menjelaskan marker itu seperti apa prosesnya, yang jelas secara umum marker itu adalah penanda AR kita. nantinya dari kamera akan membaca pola marker kemudian dia membandingkan pola marker yang physical (marker kertas kita) ke pola database marker yang ada di ARToolkit.

Jika marker physical dan marker didatabase polanya sama, maka ARToolkit akan merender objek 3D yang akhirnya muncul diatas marker kita, saat disorot. seperti itu bahasa umumnya.

sekarang masalahnya, bagaimana kita mengeksport marker fisik kita ke ARToolkit?. gampang, anda bisa gunakan program mkpatt.exe yang sudah satu pake oleh ARToolkit, ikuti tutorialnya.
  • Buka Folder ://ARToolkit/Bin .. Kemudian jalankan mkpatt.exe
  • Arahkan marker fisik kita ke kamera
  • Jika ada garis merah dan hijau di sekeliling bingkai marker fisik kita, tandanya marker kita terbaca. sekarang tinggal capture, dengan cara klik di layar kamera mkpatt.exe
Gambar 1. MkPatt.exe Capture

  • Nah jika selesai, coba anda perhatikan di belakang layar kamera mkpatt.exe ada command prompt menu mkpatt.exe .. silahkan dibuka kemudian beri nama marker anda dengan format patt.nama_marker contoh patt.tribal kemudian tekan enter


Gambar 2. Pemberian Nama Marker

  • Selanjutnya untuk melihat apakah marker tersimpan ke ARToolkit, coba cek folder ARToolkit/Bin .. dan cari nama marker anda.
Gambar 3. Marker Telah Tersimpan
  • sekarang copy patt.marker_anda ke dalam folder ARToolkit/Data
  • nah untuk mengetest marker anda jalan atau tidak, didalam folder ARToolkit/Data ada file dengan nama object_data_vrml. anda bisa membukanya dengan Notepad++ atau Wordpad. 
  • Setelah dibuka, ganti tulisan Data/patt.hiro  menjadi Data/patt.nama_marker, misalkan menjadi Data/patt.tribal. kemudian klik file > Save
    Gambar 4. Edit Marker
    • terakhir, untuk melakukan uji coba, buka simplevrml.exe dan lihat hasilnya. 



    • Selesai, Selamat Mencoba Semoga Berhasil. Kita ketemu lagi nanti di tutorial bagaimana membuat dan memakai objek sendiri di ARToolkit. See Ya..

    List Tutorial:

        Komentar

        Postingan populer dari blog ini

        Cara Menambahkan Plugin TextFX di notepad++

        TextFX adalah plugin pada notepad++ yang digunakan untuk menyortir kata atau kalimat yang sama atau istilah kerenya duplikat data. Berikut saya share cara untuk menambahkan plugin TextFX, perhatikan langkah-langkah berikut! 1. install notepad++ dulu dengan mengunduh filenya disini 2. setelah diunduh kemudian install, setelah di install lalu buka menu Plugins>Plugin Manager>Show Plugin Manager  3. pada Plugin Manager, klik tab Available kemudia geser kebawah dan cari TextFx. klik centang lalu Install. 4. Berhasil, setelah itu restart program notepad++ sekian share dari saya semoga bermanfaat, silahkan bertanya dikolom komentar jika kurang paham. terimakasih

        32 Dosa Suami terhadap Istri

        KELUARGA diibaratkan seperti batu bata pertama dalam sebuah bangunan masyarakat. Apabila keluarga baik, maka masyarakat pun akan ikut menjadi baik dan sebaliknya jika keluarga rusak, maka masyarakat akan menjadi rusak pula. Oleh karena itu, Islam memberikan perhatian kepada urusan keluarga dengan perhatian yang sangat besar, sebagaimana Islam juga mengatur hal-hal yang dapat menjamin keselamatan dan kebahagiaan keluarga tersebut. Sangat fundamental dalam keluarga adalah perlakuan seorang suami terhadap istrinya. Bisa jadi juga berbuah dosa. Coba cek poin-poin di bawah ini. 1. Lalai Berbakti kepada orang tua setelah menikah 2. Kurang serius dalam mengharmonisasikan antara istri dan orang tua 3. Ragu dan buruk sangka kepada istri 4. Kurang memiliki sikap cemburu terhadap istri 5. Meremehkan kedudukan istri 6. Melepaskan kendali kepemimpinan dan menyerahkannya kepada istri 7. Memakan Harta istri secara batil 8. Kurang semangat dalam mengajari istri ajaran-ajaran agamanya 9. Bersikap pelit

        Tenggorokan Kering dan Sakit? Hati-hati! Bisa Jadi Itu Adalah Gejala Kanker Stadium Awal

        Kamu harus perhatikan dengan baik! Kanker tenggorokan adalah salah satu kanker yang sering dijumpai pada kebanyakan orang, dan tentu saja hasil pengobatan kanker ini tergantung pada seberapa cepat kita menyadari tingkat keparahan kanker tersebut. Seorang ahli bedah mengatakan bahwa kanker yang didiagnosa pada 5 tahun pertama itu mempunyai tingkat kesembuhan sebesar 90%, tetapi sebaliknya, kanker yang baru diketahui setelah 5 tahun, hanya mempunyai tingkat kesembuhan sekitar 20-30% saja.  Kanker tenggorokan ini tumbuh dari sel Mesothelial yang berkembang pada selaput kerongkongan, dan karena faktor inilah yang akhirnya tumbuh menjadi kanker secara bertahap. Waktu yang diperlukan kanker ini untuk berkembang pada tenggorokan mencapai beberapa tahun lamanya, bahkan dari stadium awal hingga stadium menengah membutuhkan waktu sekitar satu tahun.  Gejala-gejala kanker tenggorokan stadium awal ini adalah sebagai berikut: 1. Merasa kesulitan ketika menelan; biasanya disebabkan oleh masuknya ma