Assalamulaikum Wr.Wb
Selamat Datang di A.R.T, kita ketemu lagi di Tutorial ARToolkit ke-3. pada tutorial kali ini kita akan membangun AR dengan objek sendiri, setelah sebelumnya kita memakai objek sample dari ARToolkit dan kita juga akan belajar mengeksport file WRL dengan 3DSMax. tutorial ini adalah tahapan yang penting, karena tutorial ini adalah inti dari penggunaan ARToolkit. anda akan belajar bagaimana membuat AR dengan objek sendiri dengan file WRL dan 3DSMAX.
bytheway, dari tadi saya menulis file WRL terus. apa itu file WRL?.. file WRL atau nama panjangnya adalah VRML (Virtual Reality Modelling Language) adalah sebuah bahasa pemograman virtual yang sering digunakan para programmer untuk membuat 3D Objek, biasanya file WRL sering digunakan untuk membuat persentasi 3D Objek di sebuah Web tertentu.
dengan VRML kita dapat berinteraksi dengan Objek 3D yang kita buat. misalkan kita membuat Rumah, lalu dengan bahasa VRML kita bisa memutar-mutar rumah atau melihat Interior dengan mengklik bagian tertentu di 3D Rumah Tersebut.
ARToolkit secara umum menggunakan bahasa VRML untuk membaca objek 3D yang akan dirender. sama halnya dengan animasi lebah dan 3D snowman yang kita coba sebelumnya, itu adalah hasil dari bahasa VRML.
Oke, mari kita Coba belajar membangun AR dengan objek sendiri melalui bahasa VRML. tapi sebelumnya, anda harus menginstall 3DSMAX terlebih dahulu, saya menggunakan 3DSMAX 2010 karena cocok dengan Windows 7. Jika anda belum punya, anda bisa mendownloadnya gratis di forum saya.. silahkan klik disini >>
IDFL.USSaya asumsikan anda telah mendownload dan mempunyai 3DSMAX. buat anda yang menggunakan 3DSMAX versi dibawah 2010 atau diatasnya, tidak masalah karena tehnik pembuatan sama saja. mari kita mulai tutorialnya.
- Buka 3DSMax anda Masing-Masing
- Arahkan Mouse ke Sebelah Kiri, cari Tombol Teapot
|
Gambar 1. Teapot |
|
- Gambar teapot di viewport Layer Perspective, seperti gambar dibawah:
|
Gambar 2. Teapot di Layer Perpective |
- Jika sudah selesai, tinggal kita Export ke File WRL.
- Klik Logo 3DSMax > Export
|
Gambar 3. Export File |
|
- di Layer Export, beri nama objeknya dengan nama teapot, kemudian ganti save as type menjadi VRML97. kemudian simpan di Folder ARToolkit/Bin/Wrl
|
Gambar 4. Save File |
|
- Selanjutnya akan keluar menu VRML97 EXPORTER, langsung saja klik Ok. karena kita tidak membutuhkannya untuk sekarang ini
- sekarang masuk ke folder ARToolkit/Bin/Wrl, dan cek apakah teapot.wrl sudah ada disana.
|
Gambar 5. teapot.wrl File |
|
- next, jika file teapot.wrl sudah ada, sekarang kita buat database-nya agar bisa dibaca di ARToolkit. cara membuat databasenya mudah, coba buka file di folder ARToolkit/Bin/Wrl, anda akan melihat setiap file WRL mempunyai pasangan-nya masing-masing. misal bud_B.dat dengan bud_B.wrl
|
Gambar 6. Pasangan Database dan WRL |
- file bud_B.dat itu adalah database dari file bud_B.wrl. nantinya ARToolkit akan membaca file database bud_B.dat kemudian dari file .dat, maka dia akan membaca file wrl bud_B.wrl. kalau diilustrasikan seperti gambar dibawah ini:
|
Gambar 7. Illustrasi |
- sekarang timbul pertanyaan? kok bisa file .dat membaca file .wrl, bagaimana cara setting databasenya?.. gampang, coba anda buka bud_B.dat dengan notepad++, perhatikan ada path untuk membaca bud_B.wrl, betul?.. nah disitulah file .dat membaca file .wrl
|
Gambar 8. file dat |
|
|
- kesimpulannya, tugas kita sekarang membuat file .dat untuk teapot.wrl kita. caranya mudah, cukup kita copy-paste saja file bud_B.dat yang lama, kemudian di-rename menjadi teapot.wrl
|
Gambar 9. Membuat Database |
|
|
- sekarang, buka teapot.dat dengan notepad++ atau wordpad. lalur rubah bud_B.wrl menjadi teapot.wrl agar diarahkan untuk membaca teapot.wrl kita.
|
Gambar 10. Setting Database |
- jika sudah selesai, sekarang masuk ke Folder ARToolkit/Bin/Data, dan buka object_data_vrml dengan notepad++ atau wordpad
- sekarang rubah Wrl/bud_B.dat menjadi Wrl/teapot.dat
|
Gambar 11. Setting Object_data_Vrml |
|
- Jalankan simplevrml.exe dan lihat hasilnya.
|
Gambar 12. Teapot AR |
|
|
|
- Sekian Tutorialnya, Kita akan ketemu lagi di Tutorial Selanjutnya. See Yaa..
Komentar