Langsung ke konten utama

Manusia dan Penderitaan


Kita sering kali mendengar kata penderitaan. Tapi tahukah anda arti kata dari penderitaan itu apa? Penderitaan merupakan bahasa serapan yang berasal dari bahasa sanskerta yaitu, dhra yang artinya menahan atau menanggung. Derita artinya menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan. Penderitaan itu dapat lahir atau batin, atau bisa juga lahir batin. Penderitaan merupakan suatu hal yang pasti dialami oleh setiap umat manusia di dunia, tidak ada satu orang pun yang tidak pernah mengalami penderitaan. Hanya saja tingkat penderitaan yang dialami oleh tiap-tiap orang yang mungkin berbeda, yaitu bisa ringan ataupun berat.

Ada beberapa penyebab dari penderitaan, antara lain:
• Penderitaan yang Disebabkan oleh Perbuatan Antarsesama Manusia
Manusia sebagai makhluk sosial akan selalu berhubungan dengan manusia lain. Karena sifat setiap individu berbeda-beda, ada yang baik dan ada yang buruk dalam menjalin hubungan antar sesama manusia. Maka mungkin saja terjadi, sifat seseorang orang yang buruk ini bisa melukai perasaan orang lain sehingga dapat menimbulkan penderitaan bagi orang lain. Penderitaan semacam ini kadang disebut sebagai nasib buruk. Dan karena penyebab nasib buruk adalah manusia, maka nasib buruk dapat diperbaiki dengan bantuan pihak ketiga.

• Penderitaan yang Disebabkan oleh Perbuatan Manusia terhadap Lingkungannya
Suatu penderitaan juga bisa timbul karena ulah tangan manusia yang tidak ramah dengan lingkungannya. Tetapi terkadang manusia itu sendiri tidak peka terhadap apa yang telah dilakukannya. Mungkin ketika sudah terjadi suatu musibah yang menyebabkan penderitaan barulah manusia sadar bahwa ia (mereka) menderita karena perbuatannya sendiri. Dalam hal ini, penderitaan bisa dicegah dengan menjaga bumi dan lingkungan kita agar tidak terjadi musibah yang menyebabkan suatu penderitaan.

• Penderitaan yang Disebabkan oleh Penyakit atau SiksaanTuhan
Selain disebabkan oleh mansia sendiri, suatu penderitaan yang dialami oleh seseorang juga bisa terjadi karena penyakit atau teguran dari Tuhan atas kesalahan yang telah kita perbuat. Dan cara untuk mengatasi penderitaan ini adalah dengan bersabar, tawakal, dan optimis serta dengan berserah diri kepada Allah swt.

Dari penjabaran diatas, dapat kita ambil kesimpulan bahwa penderitaan merupakan hal yang wajar dialami oleh setiap manusia. Bahkan ada yang berpendapat bahwa penderitaan adalah kodrat manusia yang harus dijalani sebagai resiko dari kehidupan. Akan tetapi, kita jangan hanya memandang suatu penderitaan sebagai hal yang negatif yang membuat kita menjadi pesimis dan meratapi nasib, melainkan kita anggap penderitaan sebagai tantangan hidup yang harus kita hadapi dengan sikap optimis dan bertawakal kepada Allah swt. Karena jika kehidupan ini hanya berisi keindahan saja mungkin manusia bisa lupa terhadap sang Pencipta. Dan hidup pun terasa kurang lengkap tanpa adanya penderitaan karena kita tidak bisa memahami makna dari kehidupan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menambahkan Plugin TextFX di notepad++

TextFX adalah plugin pada notepad++ yang digunakan untuk menyortir kata atau kalimat yang sama atau istilah kerenya duplikat data. Berikut saya share cara untuk menambahkan plugin TextFX, perhatikan langkah-langkah berikut! 1. install notepad++ dulu dengan mengunduh filenya disini 2. setelah diunduh kemudian install, setelah di install lalu buka menu Plugins>Plugin Manager>Show Plugin Manager  3. pada Plugin Manager, klik tab Available kemudia geser kebawah dan cari TextFx. klik centang lalu Install. 4. Berhasil, setelah itu restart program notepad++ sekian share dari saya semoga bermanfaat, silahkan bertanya dikolom komentar jika kurang paham. terimakasih

32 Dosa Suami terhadap Istri

KELUARGA diibaratkan seperti batu bata pertama dalam sebuah bangunan masyarakat. Apabila keluarga baik, maka masyarakat pun akan ikut menjadi baik dan sebaliknya jika keluarga rusak, maka masyarakat akan menjadi rusak pula. Oleh karena itu, Islam memberikan perhatian kepada urusan keluarga dengan perhatian yang sangat besar, sebagaimana Islam juga mengatur hal-hal yang dapat menjamin keselamatan dan kebahagiaan keluarga tersebut. Sangat fundamental dalam keluarga adalah perlakuan seorang suami terhadap istrinya. Bisa jadi juga berbuah dosa. Coba cek poin-poin di bawah ini. 1. Lalai Berbakti kepada orang tua setelah menikah 2. Kurang serius dalam mengharmonisasikan antara istri dan orang tua 3. Ragu dan buruk sangka kepada istri 4. Kurang memiliki sikap cemburu terhadap istri 5. Meremehkan kedudukan istri 6. Melepaskan kendali kepemimpinan dan menyerahkannya kepada istri 7. Memakan Harta istri secara batil 8. Kurang semangat dalam mengajari istri ajaran-ajaran agamanya 9. Bersikap pelit

Tenggorokan Kering dan Sakit? Hati-hati! Bisa Jadi Itu Adalah Gejala Kanker Stadium Awal

Kamu harus perhatikan dengan baik! Kanker tenggorokan adalah salah satu kanker yang sering dijumpai pada kebanyakan orang, dan tentu saja hasil pengobatan kanker ini tergantung pada seberapa cepat kita menyadari tingkat keparahan kanker tersebut. Seorang ahli bedah mengatakan bahwa kanker yang didiagnosa pada 5 tahun pertama itu mempunyai tingkat kesembuhan sebesar 90%, tetapi sebaliknya, kanker yang baru diketahui setelah 5 tahun, hanya mempunyai tingkat kesembuhan sekitar 20-30% saja.  Kanker tenggorokan ini tumbuh dari sel Mesothelial yang berkembang pada selaput kerongkongan, dan karena faktor inilah yang akhirnya tumbuh menjadi kanker secara bertahap. Waktu yang diperlukan kanker ini untuk berkembang pada tenggorokan mencapai beberapa tahun lamanya, bahkan dari stadium awal hingga stadium menengah membutuhkan waktu sekitar satu tahun.  Gejala-gejala kanker tenggorokan stadium awal ini adalah sebagai berikut: 1. Merasa kesulitan ketika menelan; biasanya disebabkan oleh masuknya ma