Kita masih belajar di tingkat dasar pemrograman java untuk membangun aplikasi berbasis
Android. Pada tutorial ini, kita akan membuat layout linier. Seperti apa sih? Hhmm... coba lihat
gambar 3.1 berikut.
Bagaimana cara membuatnya? Jika anda sudah pernah berlajar XML dan JAVA, pasti sangat
mudah. Namun jika belum pernah, jangan khawatir. Karena omAyib akan membahas disini. :D.
Bagi pemula yang belum mengenal JAVA dan XML sebelumnya, saat kamu menulis program,
abaikan saja makna-makna syntaxnya. Ikuti sesuai perintah pada tutorial dan tulis apa adanya.
Ibarat anak kecil yang belum bisa bicara karena tidak tahu bahasanya. Biarkan saja mengalir. Asal
kamu banyka berlatih, nanti kamu akan tahu dengan sendirinya makna syntax dari bahasa
pemrograman. Tentunya sering-sering bertanya pada help.
Yuk kita mulai!:D
1. Jalankan Enclipse, File > New > Android Project
2. Isikan kotak dialog new seperti berikut
3. Pada Package Explorer, pilih LayoutLinier > res > layout > main.xml. (Gambar 3.2)
4. Gantilah dengan kode dibawah ini

5. Pastikan pada LayoutLinier.java seperti dibawah ini. (Gamabr 3.3)
6. Lakukan Run dengan shortcut CTRL+F11 atau klik kanan package>run as>android Project.
7. Lihat hasilnya seperti Gambar 3.1
Selesai ! Mudah bangett kan? :D
Android. Pada tutorial ini, kita akan membuat layout linier. Seperti apa sih? Hhmm... coba lihat
gambar 3.1 berikut.
Gambar 3. 1
Bagaimana cara membuatnya? Jika anda sudah pernah berlajar XML dan JAVA, pasti sangat
mudah. Namun jika belum pernah, jangan khawatir. Karena omAyib akan membahas disini. :D.
Bagi pemula yang belum mengenal JAVA dan XML sebelumnya, saat kamu menulis program,
abaikan saja makna-makna syntaxnya. Ikuti sesuai perintah pada tutorial dan tulis apa adanya.
Ibarat anak kecil yang belum bisa bicara karena tidak tahu bahasanya. Biarkan saja mengalir. Asal
kamu banyka berlatih, nanti kamu akan tahu dengan sendirinya makna syntax dari bahasa
pemrograman. Tentunya sering-sering bertanya pada help.
Yuk kita mulai!:D
1. Jalankan Enclipse, File > New > Android Project
2. Isikan kotak dialog new seperti berikut
3. Pada Package Explorer, pilih LayoutLinier > res > layout > main.xml. (Gambar 3.2)
4. Gantilah dengan kode dibawah ini
Gambar 3. 2
5. Pastikan pada LayoutLinier.java seperti dibawah ini. (Gamabr 3.3)
Gambar 3. 3
6. Lakukan Run dengan shortcut CTRL+F11 atau klik kanan package>run as>android Project.
7. Lihat hasilnya seperti Gambar 3.1
Selesai ! Mudah bangett kan? :D








Komentar