Masih berada pada tingkat dasar, Tutorial kali ini kita akan belajar membuat Relative Layout. Apa
itu relative layout??
Relative layout adalah sebuah layout dimana posisi dari sebuah komponen (simbol, text,dsb) bisa
diatur letaknya terhadap komponen lainnya. Misalnya tombol “OK” posisinya berada dibawah
“Edit Text”, kemudian tombol “cancel” posisinya berada di sebelah kiri tombol “OK” dan dibawah
“edit Text”. Intinya, saling berkaitan satu dengan yang lain. Perhatikan gambar 4.1
Sebelum bermain koding, omayib saranakn untuk membaca TUTORIAL sebelumnya yaitu Linier Layout karena memahami materi pada tutorial sebelumnya akan sangat membantu dalalam memahami tutorial selanjutnya.
Yuk kita mulai!:D
1. Jalankan Enclipse, File > New > Android Project
2. Isikan kotak dialog new seperti berikut
3. Pada Package Explorer, pilih RelativeLayout > res > layout > main.xml. (Gambar 4.2)
4. Gantilah dengan kode dibawah ini
5. Pastikan pada RelativeLayout.java seperti dibawah ini.(Gambar 4.3)
7. Lihat hasilnya seperti Gambar 4.1
Selesai ! Mudah bangett kan? :D
itu relative layout??
Relative layout adalah sebuah layout dimana posisi dari sebuah komponen (simbol, text,dsb) bisa
diatur letaknya terhadap komponen lainnya. Misalnya tombol “OK” posisinya berada dibawah
“Edit Text”, kemudian tombol “cancel” posisinya berada di sebelah kiri tombol “OK” dan dibawah
“edit Text”. Intinya, saling berkaitan satu dengan yang lain. Perhatikan gambar 4.1
Gambar 4. 1
Sebelum bermain koding, omayib saranakn untuk membaca TUTORIAL sebelumnya yaitu Linier Layout karena memahami materi pada tutorial sebelumnya akan sangat membantu dalalam memahami tutorial selanjutnya.
Yuk kita mulai!:D
1. Jalankan Enclipse, File > New > Android Project
2. Isikan kotak dialog new seperti berikut
3. Pada Package Explorer, pilih RelativeLayout > res > layout > main.xml. (Gambar 4.2)
4. Gantilah dengan kode dibawah ini
Gambar 4. 2
5. Pastikan pada RelativeLayout.java seperti dibawah ini.(Gambar 4.3)
Gambar 4. 3
6. Lakukan Run dengan shortcut CTRL+F11 atau klik kanan package > run as > android Project. 7. Lihat hasilnya seperti Gambar 4.1
Selesai ! Mudah bangett kan? :D






Komentar