Setalah membuat Relative layout, sekarang kita buat layout table. Mari sekilas kita mengenal
Table layout.
Table layout adalah layout yang disusun berdasarkan baris dan kolom. Table layout terdiri atas
sejumlah object tableRow.Bagaimana dengan garis tepinya?? Yuph! Tidak kelihatan.
Table layout tidak menampilkan garis tepi pada baris, kolom, dan sel. Setiap baris bisa memiliki
banyak sel atau tidak memiliki sama sekali. Setiap sel, bisa digunakan untuk meletakkan sebuah
object View.
Lebar sebuah kolom ditentukan oleh baris yang memiliki sel paling lebar. Selain itu, table layout
dapat di set shrinkable atau stretchable dengan memanggil setColumnShrinkable() atau
setColumnStretchable(). Bila diset shrinkable, lebar kolom bisa dimampatkan
menyesuaikan object. Bila di set stretchable, kolom bisa direnggangkan menyesuaikan sisa
tempat pada table. Kolom dapat di set keduanya shrinkable dan stretchable. Selain itu, kolom
dapat disembunyikan dengan memanggil setColumnCollapsed().
Bingung?? Sama. Hehehe... oke, semakain cepat Kamu mencoba, semakin cepat pula Kamu bisa.
Gambar 5.1 adalah tampilan yangakan kita buat.
Sebelum bermain koding, omayib saranakn untuk membaca TUTORIAL sebelumnya yaitu
Relative Layout karena memahami materi pada tutorial sebelumnya akan sangat
membantu dalalam memahami tutorial selanjutnya.
Yuk kita mulai!:D
1. Jalankan Enclipse, File > New > Android Project
2. Isikan kotak dialog new seperti berikut
3. Pada Package Explorer, pilih TableLayout > res > layout > main.xml. (Gambar 4.2)
4. Tulis kode dibawah ini
5. Pastikan pada tableLayout.java seperti dibawah ini.(Gamabr 5.3)
6. Lakukan Run dengan shortcut CTRL+F11 atau klik kanan package > run as > adnroid Project.
7. Lihat hasilnya seperti Gambar 5.1
Table layout.
Table layout adalah layout yang disusun berdasarkan baris dan kolom. Table layout terdiri atas
sejumlah object tableRow.Bagaimana dengan garis tepinya?? Yuph! Tidak kelihatan.
Table layout tidak menampilkan garis tepi pada baris, kolom, dan sel. Setiap baris bisa memiliki
banyak sel atau tidak memiliki sama sekali. Setiap sel, bisa digunakan untuk meletakkan sebuah
object View.
Lebar sebuah kolom ditentukan oleh baris yang memiliki sel paling lebar. Selain itu, table layout
dapat di set shrinkable atau stretchable dengan memanggil setColumnShrinkable() atau
setColumnStretchable(). Bila diset shrinkable, lebar kolom bisa dimampatkan
menyesuaikan object. Bila di set stretchable, kolom bisa direnggangkan menyesuaikan sisa
tempat pada table. Kolom dapat di set keduanya shrinkable dan stretchable. Selain itu, kolom
dapat disembunyikan dengan memanggil setColumnCollapsed().
Bingung?? Sama. Hehehe... oke, semakain cepat Kamu mencoba, semakin cepat pula Kamu bisa.
Gambar 5.1 adalah tampilan yangakan kita buat.
Gambar 5. 1
Sebelum bermain koding, omayib saranakn untuk membaca TUTORIAL sebelumnya yaitu
Relative Layout karena memahami materi pada tutorial sebelumnya akan sangat
membantu dalalam memahami tutorial selanjutnya.
Yuk kita mulai!:D
1. Jalankan Enclipse, File > New > Android Project
2. Isikan kotak dialog new seperti berikut
3. Pada Package Explorer, pilih TableLayout > res > layout > main.xml. (Gambar 4.2)
4. Tulis kode dibawah ini
Gambar 5. 2
Gambar 5. 3
6. Lakukan Run dengan shortcut CTRL+F11 atau klik kanan package > run as > adnroid Project.
7. Lihat hasilnya seperti Gambar 5.1









Komentar