Salam sejahtera untuk kita semua...
Note ini dibuat untuk memenuhi janji saya beberapa waktu lalu Facebook Ads...
Tidak perlu bertele-tele lagi, kita langsung saja ya :)
Banyak orang kesusahan dalam penargetan untuk produknya, padahal banyak yang bisa kita explorer.
Tidak hanya terhadap interest-interest yang berhubungan langsung, tapi juga berhubungan tidak langsung.
Tidak hanya terhadap demografi yang langsung menjadi sasaran, tapi juga demografi yang berhubungan tidak langsung.
jadi intinya disini adalah....
Ada 2 yang bisa kita explorer untuk penargetan, yaitu :
- INTEREST
- DEMOGRAFI (Jenis Kelamin, Umur, Status, slll)
Dan masing-masing, ada 2 bagian yang kita targetkan yaitu :
- Sasaran yang BERHUBUNGAN LANGSUNG dengan produk
- Sasaran yang TIDAK BERHUBUNGAN LANGSUNG dengan produk
Mari kita bongkar satu persatu..
Penargetan berdasarkan INTEREST
- Interest yang BERHUBUNGAN LANGSUNG dengan produk
Ini maksudnya interest-interest yang kita masukkan itu terkait langsung dengan produk yang kita jual. Semua yang terkait langsung bisa jadi pilihan. Beberapa diantaranya adalah :
- Interest tentang produk
- Interest merk produk sejenis
- Interest jenis-jenis produk turunan
- Interest tempat2 yang berhubungan dengan produk
- Interest siapa yang membutuhkan produk
- Interest yang TIDAK BERHUBUNGAN LANGSUNG dengan produk
Kalau ini maksudnya, interest-interest yang kita masukkan itu jika digunakan atau dibeli, maka akan menunjang / mendukung atau menambah pengaruh dengan membeli produk yang kita jual. Beberapa diantaranya adalah :
- Interest tentang produk pendukung
- Interest tentang merk produk pendukung
Penargetan Berdasarkan DEMOGRAFI
- Target yang BERHUBUNGAN LANGSUNG dengan produk
Ini maksudnya, market yang akan mempergunakan atau benar-benar memerlukan produk yang kita jual.
- Target yang TIDAK BERHUBUNGAN LANGSUNG dengan produk
Dan kalau ini maksudnya adalah market yang tidak membutuhkannya secara langsung tapi bisa membelinya untuk orang lain. Bisa karena hubungan keluarga, bisa karena hubungan cinta, bisa juga karena hubungan pertemanan.
Ambil Contoh
Biar menjadi jelas, saya kasih contoh jika yang dijual itu adalah produk KOSMETIK. Dari keterangan2 diatas, maka penentuan interest masing-masing jenis dapat kita buat seperti ini :
Interest yang BERHUBUNGAN LANGSUNG dengan produk :- Interest tentang produkkosmetik, kecantikan, perawatan diri, salon kecantikan, skin care, beauty care,pemutih kulit, dll- Interest merk produk sejenisLore'al, Garnier, Pond's, Revlon, Olay, Maybelline, MAC Cosmetik dll- Interest jenis-jenis produk turunanToner, Mascara, Lotion, Cleanser, Moisturizer, Lipstik, Wringkle, dll- Interest tempat2 yang berhubungan dengan produkNatasha Skin Care, Sariayu Martha Tilaar, Facial Care Centre, dll- Interest siapa yang membutuhkan produkPekerjaan yang memakai kosmetik : sales / marketing, sekretaris, administrasiInterest yang TIDAK BERHUBUNGAN LANGSUNG dengan produk :- Interest tentang produk pendukungjilbab, tas, sepatu, baju, kacamata, soft lens, parfum, dll- Interest tentang merk produk pendukungBata, Gucci, Luis Vitton, Armani, dll
Dan untuk target demografinya, misalkan :
Target yang BERHUBUNGAN LANGSUNG dengan produkGender : FemaleAge : 22-50Status : MenikahTarget yang TIDAK BERHUBUNGAN LANGSUNG dengan produkHubungan keluarga (Suami)Gender : MaleAge : 25-60Status : menikahHubungan Keluarga (Ibu)Gender : FemaleAge : 45+
Tapi yang perlu diperhatikan disini adalah :
TARGET yang BERHUBUNGAN LANGSUNG dengan produk, harus diikuti dengan INTEREST2 yang BERHUBUNGAN LANGSUNG atau TIDAK LANGSUNG dengan produk tersebut.Untuk target yang TIDAK BERHUBUNGAN LANGSUNG dengan produk, tidak ada keharusan.
Gimana, udah mulai tercerahkan?
Apa yang saya sampaikan disini hanya contoh-contoh saja, silahkan teman-teman coba dengan produk yang teman-teman jual. Bisa jadi nanti malah teman-teman akan menemukan klasifikasi interest yang berbeda. :)
Terus bagaimana dari interest-interest yang sudah didapatkan untuk diletakkan dalam sebuah iklan di Facebook Ads?
Nanti akan saya buatkan di lain waktu... Ngeliat dulu tanggapan teman2 soal note ini :)
Kalau banyak yang suka, semangat saya untuk buatkan lebih cepat
Wassalam,
tag:
Penargetan Untuk Facebook Ads, Facebook Ads, Penargetan Untuk Facebook Ads, belajar iklan facebook, biaya fb ads, cara belajar facebook ads, cara beriklan di facebook ads, cara beriklan di facebook secara gratis, cara beriklan di facebook tanpa kartu kredit, cara beriklan di fb ads, cara beriklan melalui facebook, cara buat fb ads, cara buat fb ads murah, cara buat fb baru, cara buat fb baru di gmail, cara buat fb baru lewat hp, cara buat fb dari yahoo, cara buat fb di hp, cara buat fb tanpa email, cara buat iklan d fb, cara fb ads, cara guna fb ads, cara iklan fb ads, cara iklan lewat facebook, cara memasang iklan di facebook, cara memasang iklan di facebook ads, cara memasang iklan di fb, cara memasang iklan lewat facebook, cara membuat akun iklan di facebook, cara membuat fb ads, cara membuat iklan di facebook, cara membuat iklan di fb, cara mempromosikan halaman fb tanpa bayar, cara menggunakan fb ads, cara menghapus iklan ads, cara menghilangkan iklan ads, cara mengiklan di facebook, cara ngiklan di facebook, cara pasang fb ads, cara pasang iklan di facebook ads, cara pasang iklan gratis di google, cara pembayaran fb ads, contoh iklan di facebook, daftar fb, dark post profits vs fb ads cracked, donald wilson's ads cracked reloaded, facebook coupon, fb ads cracked, fb ads cracked 2.0 reloaded blackhat, fb ads cracked by don wilson, fb ads cracked price, fb ads cracked video, fb ads gratis, fb ads manager, fb ads murah, fb ads size, fb ads tips, how much are fb ads, iklan di facebook, iklan fb, iklan fb ads murah, jasa fb ads, jasa fb ads murah, jasa fbads murah, jasa iklan facebook ads, jasa iklan facebook ads murah tertarget, jasa iklan facebook murah, jasa iklan facebook terpercaya, jasa iklan fanspage, jasa iklan fb ads murah, jasa iklan fb ads terpercaya, jasa pasang iklan facebook ads, jasa pasang iklan facebook murah, jasa pasang iklan fb, jasa pasang iklan fb ads, jasa pasang iklan fb murah, kupon fb ads murah, learning fb ads, panduan membuat iklan di facebook, sifu fb ads, tips fb ads murah, trik iklan di facebook, tutorial pasang iklan di facebook,
Komentar